DREAMERSRADIO.COM – Tomat dan kentang pada dasarnya adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Tomat sendiri tumbuh merambat dan menggantung pada batang daun sedangkan kentang adalah jenis tanaman yang tumuh di dalam tanah. Uniknya sebuah perusahaan hortikultura ‘Thompson & Morgan’s’ berhasil menciptakan satu tanaman unik yang dapat menghasilkan kentang dan tomat sekaligus.


TomTato adalah nama tanaman yang bisa menghasilkan tomat dan kentang dalam waktu yang bersamaan. Tanaman ini dihasilkan bukan melalui hasil rekayasa genetik. Tanaman ini kini marak di perbincangkan di Inggris.

Dilansir dari BBC News (26/9),  tanaman ini dihasilkan dengan cara melakukan teknik pencangkokan atau grafting yang menggabungkan 2 tanaman berbeda untuk menghasilkan sebuah pohon. Membutuhkan proses yang cukup sulit dan butuh ketelitian untuk menghasilkan tanaman ini.

Perusahaan hortikultura ini juga mengatakan bahwan TomTato menghasilkan verietas tomat unggulan yang rasanya lebih manis dan bentuk sangat bagus dibandingkan dengan tomat-tomat yang dijual di supermarket. Thompson & Morgan’s juga mengatakan bahwa tanaman ini telah melalui uji kelayakan sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung racun.

Keuntungan lainnya adalah selain mendapatkan tanaman ini bisa menghasilkan ratusan buah tomat segar dan juga kentang yang besar-besar, bisa dipanen dalam satu waktu. TomTato juga akan mulai dibudidayakan sampai ke Selandia Baru awal Oktober nanti.

Wah, uniknya tanaman yang satu ini ya Dreamers. Kalau bisa menciptakan banyak tanaman buah dan sayur seperti ini, pastinya akan lebih hemat yaa. Kalau menurutmu sendiri bagaimana? (mya)