Microsoft Office 2010 program selalu menjadi perangkat lunak produktivitas yang paling populer yang digunakan oleh mayoritas penduduk dunia. Microsoft word telah menjadi salah satu yang paling bermanfaat dan menyediakan berbagai fungsi dan pemanfaatan tujuan.

Microsoft Word 2010 adalah program pengolah kata yang terbaru dan itu adalah salah satu yang banyak digunakan dari Paket Microsoft Office. Microsoft Word 2010 ini sangat canggih dan digunakan untuk menyusun surat, laporan, makalah akademik, referensi, Riwayat Hidup, esai, makalah, artikel, novel dan banyak hal lainnya. Anda dapat mencetak apa yang Anda produksi, merancang untuk membuat lebih menarik, menambahkan gambar, tabel dan fakta daftar dan angka dengan menggunakan grafis. Anda dapat menyimpan word document kantor Anda pada hard drive untuk digunakan atau untuk mengedit di masa mendatang.

Menggunakan Microsoft Word 2010 untuk menulis teks-teks sangat berguna karena memiliki banyak fitur yang membuat proses cepat dan agak mudah. Dengan Microsoft Word 2010 Anda dapat benar-benar tidak hanya menulis teks tetapi juga membuat tabel, menulis makalah akademik dan menyisipkan referensi, daftar isi dll dengan tab Referensi dari Microsoft Word 2010. Selain itu fitur baru dari Microsoft Word 2010 akan membuat segalanya jauh lebih mudah bagi pengguna baru dan ahli.

 

Fitur Baru di Microsoft Word 2010

 

Jadi, apa yang baru Microsoft Word 2010 yang membuatnya begitu menarik? Berikut ini adalah gambaran singkat dari beberapa fitur dari Microsoft Word 2010.

 

  • Menyediakan kemampuan untuk menciptakan dan mengubah tampilan.
  • Sementara Ribbon pada Microsoft Word 2010 mungkin terlihat sama dengan 2007, sekarang kita dapat menyesuaikan tombol Ribbon pada navigasi dengan langkah-langkah sebagai berikut: Office button (menu File)è
    Word Option
    è
    Customization. Quick Access Toolbar juga dapat disesuaikan di Microsoft Word 2010
  • Selain menekan “Control + F” untuk fitur find, Microsoft Word 2010 sekarang telah mempunyai Opsi “find“, “Replace” and “Select” di sudut kanan atas dari Panel Navigasi.
  • Pilihan Paste Preview dalam Microsoft Word 2010 membuatnya lebih mudah untuk menyalin / memotong dan menyisipkan teks, grafik, grafik, dll sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk mengorganisir kembali dalam dokumen.
  • Daripada menggunakan pihak ketiga untuk mengambil screen shots (gambar layar), Microsoft Word 2010 memiliki fitur yang dapat digunakan, cukup pergi ke InsertèScreenshot untuk mengambil gambar layar
  • Tidak memiliki Photoshop? Tidak masalah! Microsoft Word 2010 sekarang memiliki Opsi Background Removal yang dapat menhapus latar belakang gambar. Cukup memasukkan gambar ke dalam dokumen Word Anda, kemudian pilih Background Removal
    Tool.

     

     

     

 

 

 

 

 

 

Tampilan Microsoft Word 2010

 

Quick Access Toolbar         Tittle Bar Tab Menu Ribbon

 

 

 

 

 

  • Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat.
  • Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
  • Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
  • Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
  • Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
  • Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
  • Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

     

 

 

 

 

Memulai Microsoft Word 2010

Pertama-tama Anda harus tahu bagaimana untuk memulai dan untuk melakukan ini Anda harus pergi ke menu Start dan kemudian ke All Programs yang harus diikuti oleh Microsoft Office dan akhirnya Microsoft Word 2010.

  • Langkah-langkah:

    klik Start è
    klik All Programs
    è klik Microsoft Office è
    klik Microsoft Word 2010

 

 

 

 

 

Menempatkan Microsoft Word 2010 ke Start Menu

Untuk menempatkan Microsoft Word 2010 ikon di Start Menu yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah tersebut di atas dan drag Microsoft Word 2010 menuju Start Menu. Anda juga dapat melakukan ini dengan mengklik kanan pada ikon Microsoft Word 2010 dan memilih Pin to Start Menu dan akan ditempatkan pada start menu.

 

  • Langkah-langkah:

    Klik Start Menu
    è Klik All Programs
    è Klik Microsoft Office
    è Klik Microsoft Word 2010 (right click) è Klik Pin to Stat menu

 

 

 

 

 

 

 

Mulai menggunakan Microsoft Word 2010

 

Setelah Microsoft Word 2010 Dokumen baru siap Anda dapat mulai membuat surat, laporan, esai, makalah dll Namun pertama-tama, hal ini berguna untuk mengetahui apa yang tersedia dalam Microsoft Word 2010 dan Ribbon Office Button.

 

Menu File dari Microsoft Word 2010

 

Tombol Microsoft Office yang hadir di Microsoft Word 2007 diubah menjadi Menu File dalam Microsoft Word 2010. Menu File berisi Save, Save As, Open, Recent, New, Print, Save & Send, Help, Options dan Exit. Di sisi kanan Anda dapat melihat informasi rinci tentang dokumen seperti ukuran, jumlah halaman, dan sebagainya.

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ribbon pada Microsoft Word 2010

 

Microsoft Word 2010 Ribbon, yang merupakan tempat di mana isi toolbar ditempatkan, sangat berguna dan akan memberikan akses cepat dan mudah ke ikon paling sering digunakan di Ms Word 2010. Ada File, Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View di Ribbon pada Microsoft Word 2010. Setiap tab juga memiliki beberapa kelompok untuk mengatur dan menyediakan lebih baik menggunakan fitur Microsoft Office 2010.

  • Tab Home terdapat groups Clipboard, Font, Paragraph, Styles and Editing.
  • Tab Insert terdapat groups Pages, Tables, Illustrations, Links, Header and Footer, Text, Symbols.
  • Tab Page Layout terdapat groups Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan Arrange.
  • Tab References terdapat Table of Contents, Footnotes, Citations and Bibliography, Captions, Index dan Table of Authorities.

     

    Juga ada tiga tab lain yang berguna dari Microsoft Word 2010 yang memiliki beberapa grup dan semua ini tersedia dengan Microsoft Word 2010 untuk membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda menulis dengan mudah dan cepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan MS Word 2010 ada juga Quick Access Toolbar yang berisi save, undo,
Repeat Typing dan Customize Quick Access dop down list. Dalam daftar tersebut ada icon New, Open, Save, E-mail, Quick Print, Print Preview and Print, Spelling & Grammar, Undo, Redo, Draw Table, Open Recent File. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan Quick Access Toolbar bawah Ribbon dengan memilih Show below the Ribbon selection dan Anda juga dapat menyesuaikan lebih lanjut dengan tombol More Commands dan membuat Microsoft Word 2010 sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Quick Access Toolbar pada MS Word memungkinkan kinerja tugas rutin Anda jauh lebih cepat.

 

Membuka dokumen yang baru

 

  • Langkah-langkah:

    Klik pada gambar Microsoft Word di pojok kiri atas è klik New

 

Membuka dokumen yang baru dibuka

 

Seperti yang dapat Anda bayangkan, daftar dokumen yang baru dibuka akan bertambah seiring berjalannya waktu. Ruang terbatas, sehingga akhirnya dokumen lama akan hilang dari daftar. Namun, Anda dapat ‘pin‘ dokumen-dokumen yang anda anggap penting sehingga Anda dapat membuka dokumen tersebut dengan mudah tanpa mencari di dalam folder.

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Langkah-langkah:

    Klik pada gambar Microsoft Word di pojok kiri atas èklik Recent
    è Klik pada dokumen yang ingin anda “pin

 

Menyimpan Dokumen dengan Microsoft Word 2010

 

  • Langkah-langkah:

    Tab menu File
    è klik Save
    è
    File name (di sini Anda akan mengetikkan nama dokumen yang ingin Anda simpan)
    è Selanjutnya Anda harus memilih di mana Anda ingin menyimpan dokumen Anda è Klik Save.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyimpan Dokumen dengan nama baru

 

  • Langkah-langkah:

     

    Tab menu File
    è klik Save As èFile name (di sini Anda akan mengetikkan nama dokumen yang ingin Anda simpan)è Selanjutnya Anda harus memilih di mana Anda ingin menyimpan dokumen Anda è Klik Save.

     

     

     

Menyimpan Dokumen secara otomatis

 

  • Langkah-langkah:

    Klik tab menu File
    è klik Word options (jendela Word options akan muncul)è klik Save (yang terletak di sisi kiri tepat di bawah tombol Proofing)èubah Auto Save time sesuai keinginan anda) è klik OK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengubah Tampilan Teks

 

Setelah Anda menyelesaikan penyusunan teks dari Word dokumen Microsoft 2010, Anda dapat mengedit word document untuk membuatnya terlihat lebih baik. Anda dapat membuatnya terlihat lebih formal dengan membuat beberapa perubahan dan penyesuaian dengan menggunakan ikon pada tab Home di MS Office 2010. Anda dapat menggunakan grup Styles Anda dapat membuat sendiri dengan menggunakan tombol change styles. Dalam tombol change styles Anda dapat mengubah warna, font dan spasi paragraf. Dengan Microsoft Word 2010 ada juga cukup banyak gaya font baru dan Anda dapat mengaksesnya melalui halaman Home. Ada juga numberings bullet points, aligning and paragraph spacing options, colour choices dan pilihan banyak lagi di dalam tab Home pada Microsoft Word 2010. Semua ikon ini dapat membantu Anda untuk membuat dokumen Anda terlihat jauh lebih baik dan lebih profesional dan Microsoft Word 2010.

Cara lain adalah dengan menekan CTRL + SHIFT + F secara bersamaan untuk menampilkan jendela Font.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Blok kata atau kalimat yang akan diedit èklik Home
è lihat pada grup Font
è klik Change Case
è Pilih salah satu pilihan.

 

  • Sentence Case: saya adalah seorang siswa. saya selalu giat

    belajar. saya sangat pintar. è saya adalah seorang siswa.

    Saya selalu giat belajar. Saya sangat pintar.

  • Lowercase: MICROSOFT WORD è microsoft word
  • UPPERCASE: microsoft word è MICROSOFT WORD
  • Capitalise Each Word: microsoft word è Microsoft Word
  • Toggle Case: miCroSoTt wOrd è MIcROsOtT WoRD

 

Menambahkan Bullet pada dokumen

 

Microsoft Word memungkinkan Anda untuk membuat daftar bullet cepat dan mudah. Untuk memulai daftar Anda, Anda dapat mengklik perintah bullets dalam grup Paragraph pada tab Home dan kemudian mulai mengetik.

 

  • Langkah-langkah:

    Klik Home è
    lihat pada grup Paragraph
    è
    klik Bullet

 

Contoh:

  • ………….
    • …………..
      • ………….
        • …………….. dan lain-lain.

           

Menambahkan Numbering pada dokumen

 

Jika Anda ingin membuat daftar bernomor (menambahkan numbering), klik tombol daftar bernomor dalam kelompok yang sama pada Ribbon. Aturan yang sama berlaku mengenai membuat daftar bertingkat dan mengakhiri mereka.

Anda juga dapat memulai sebuah daftar bernomor dengan mengetikkan dan “1.” Menekan space bar (spasi). Jangan lupa tanda titik (.), jika tidak, maka ini tidak akan bekerja!

Jika Anda ingin huruf bukan nomor untuk daftar Anda, ketik “a.” Dan kemudian tekan spasi. Daftar yang anda buat akan tampak seperti gambar di bawah.

 

Membuat Bullet baru

 

  • Langkah-langkah:

    Klik Home
    è Grup Paragraph
    è
    Bullets (the down arrow)
    è Pilih Define New Bullet
    è Klik Symbol (untuk memilih bullet baru brupa simbol) atau klik Picture (untuk memilih bullet baru berupa gambar) è pilih simbol atau gambar yang diinginkan è klik OK.


Gambar (a) adalah tampilan Define New Bullet.

Gambar (b) adalah tampilan bullet baru dengan gambar.

 

 

 

 

  1.              (b)

Ribbon pada Microsoft Word 2010

 

Anda dapat mengedit teks Anda melalui the Home yang berisi groups Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang baru dari Microsoft Word 2010

 

Setiap versi dari Microsoft Office memiliki sesuatu yang baru dan spesifik yang umumnya mengherankan pengguna. Dengan Microsoft Word 2010 ada banyak fitur baru, namun yang terbaik dari semua adalah tab Format. Tab ini fitur khusus dari Microsoft Word 2010 tidak dapat dilihat bila Anda baru saja menulis sebuah teks, namun jika Anda memasukkan gambar ke dokumen dan klik pada gambar Anda dengan mudah akan melihat Picture Tools dan tab Format dari Microsoft Word 2010 .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam tab format Microsoft Word 2010, ada adjust, picture style, arrange dan size, ini memungkinkan Anda untuk memformat dan menyesuaikan gambar yang disisipkan ke dokumen dan untuk membuatnya cocok dengan kebutuhan Anda. Juga bagi mereka yang tidak cukup akrab dengan Microsoft Word 2010, Anda dapat menyisipkan gambar melalui tab Insert yang ditempatkan persis di samping tab Home.

 

Menyisipkan Gambar Pada Dokumen

 

  • Langkah-langkah:

    Klik Insert èKlik Picture pada grup illustration è
    Klik Select a Picture è
    Klik Insert (untuk memasukkan gamar pada lembar dokumen).

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Membuat atau Menyisipkan Tabel

 

Jika Anda memerlukan menggunakan tabel dalam Word dokumen Microsoft 2010 yang Anda kerjakan, maka Anda cukup menggunakan tombol insert yang sama dan dengan mengklik pada group Table Anda dapat menyisipkan tabel dengan kolom dan baris sebanyak yang Anda butuhkan untuk digunakan. Setelah menambahkan tabel untuk Microsoft 2010 dokumen Word, Anda dapat mengisinya dengan data dan Anda juga dapat memformat data dan tabel, seperti perbatasan dan warna untuk membuatnya lebih profesional dan menarik hanya dalam beberapa detik.

 

  • Langkah-langkah

    Klik Insert
    è klik Table (pada grup Table) è Arahkan kursor untuk memilih banyaknya kolom dan baris yang Anda inginkan è Klik untuk membuat tabel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah Anda memasukkan gambar ke dokumen Microsoft Word 2010, klik pada gambar dan kemudian klik pada tab Format yang muncul dalam warna merah muda dengan pilihan Picture Tools. Di sana Anda dapat melihat bingkai yang dapat Anda pilih untuk memformat gambar yang dimasukkan. Hal ini juga memungkinkan untuk mengubah posisi teks dan ini juga sedikit berbeda dari Program Microsoft Word sebelumnya. Ada juga pilihan dengan Microsoft Word 2010 yang memungkinkan Anda untuk menghapus latar belakang untuk memberikan penampilan yang lebih baik untuk gambar Anda dan dokumen secara keseluruhan. Grup Size dan Adjust memungkinkan Anda untuk mengubah gambar sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah Anda telah melalui pedoman ini Anda bisa mulai menjelajahi Microsoft Word 2010 dan mulai membuat Anda huruf, esai, laporan, dokumen dan hal lain yang mudah dan cepat.

 

Cara Membuat dan Mempercantik tabel

  • Langkah-langkah:

    klik Insert
    è pada grup Tables
    è klik Table
    è klik Insert Table è
    tentukan berapa kolom dan baris yang ingin dibuat.

     

     

     

     

     

        è

     

     

     

     

     

    Untuk mempercantik tabel, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah-langkah:

    Blok tabel yang dipercantik è lihat pada Table Tools è
    Klik pada tab Design
    è klik Table Styles è Shading èatur tampilan yang anda sukai dengan Style, Color, Width

 

 

 

 

 

 

    
 

 

 

 

 

 

 

  1.                         (b)
  • Jika gambar table anda tidak sempurna seperti pada gambar (b). Berikut adalah cara untuk melakukannya:

    tempatkan kursor pada setiap sel tabel kemudian klik Layout
    è klik Select (pada grup Table) è
    Select Table
    è
    ubah lebar dan tinggi tabel sesuai keinginanmu pada Cell Size.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menambahkan Header pada Dokumen

 

  • Langkah-langkah:

    klik Insert
    è pada group Header & Footer è klik Header è
    Pilih salah satu header
    è

     



            (a)                         (b)

    Anda akan melihat Header & Footer Tools pada Ribbon.

    Untuk menambahkan header, pada Header & Footer Tools tabè lihat grup Insert
    è klik
    klik Quick Parts
    è klik Field
    èpilih FileName èclick OK.

     

Mengubah Posisi Header

 

  • Langkah-langkah:

    Lihat pada Header & Footer Tools tabè lihat pada grup Position
    è Insert Alignment Tab.

     

 

 

 

 

 

  1.              (b)

pilih pengaturan yang anda inginkan seperti pada gambar (a) dan OK, setelah selesai mengedit, klik tombol Close di ribbon seperti pada gambar (b).

 

 

Menambahkan Footer

 

Sepeti cara menambahkan header, berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan footer

  • Langkah-langkah:

    click Insert
    è Grup Header & Footer è
    Footer

 

 

 

 

 

Menambahkan Ekstra Shape pada SmartArt

 

Ketika Anda memasukkan SmartArt ke dalam dokumen Word Anda, Anda mendapatkan nomor standar dari bentuk dalam diagram. Shape adalah wadah untuk setiap item dalam daftar Anda. Jumlah Shape mungkin, atau mungkin tidak, cukup bagi Anda. Jika menurut anda daftar Shape yang ada di Microsoft Word 2010 anda kurang, Anda dapat menambahkan Shape lain ke SmartArt

Untuk menambahkan Shape lain,pastikan Anda telah mengklik shape yang telah Anda buat, lalu Akan terlihat SmartArt Tool pada Ribbon.

 

 

è

 

 

 

 

  • Langkah-langkah:

    Klik gambar è Pada SmartArt Tool klik Design èklik Add Shape è
    Pilih pilihan yang muncul dibawah add shape untuk menambahkan shape di tempat yang anda inginkan

     

Anda akan melihat bahwa ketika Anda menambahkan Shape, ukuran dari setiap Shape akan menyesuaikan ukuran huruf agar dapat masuk di dalam shape yang telah kita buat

.

Menghapus Shape bahkan lebih mudah daripada menambahkan Shape. Pilih Shape yang ingin Anda hapus dan kemudian tekan tombol delete atau tombol backspace pada keyboard Anda.

 

Mengatur Margin pada Microsoft Word 2010

 

  1. Untuk memperlihatkan batas-batas margin
  • Langkah-langkah:

    Klik View
    è grup Show
    è tandai Ruler.

     

  1. Mengubah ukuran Margin:
  • Langkah-langkah:

    klik Page Layout
    è grup Page Setup
    è klik Margins

    èpilih margin yang diinginkan.


     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

(a)                  (b) (c)

 

Bila belum sesuai keinginan, klik Custom Margins, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

 

 

 

Dalam jendela tersebut anda dapat menentukan batas margin kanan, atas, kiri, bawah, tampilan orientasi, ukuran kertas yang akan dan digunakan (pada Paper)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi